Yuk, Menikah Bisa Menghilangkan Stres

Pengantin Pernikahan. Foto: https://wolipop.detik.com/wedding-news/d-4804434/daftar-persiapan-pernikahan-yang-harus-dibuat-calon-pengantin
Pengantin Pernikahan. Foto: https://wolipop.detik.com/wedding-news/d-4804434/daftar-persiapan-pernikahan-yang-harus-dibuat-calon-pengantin

Tothepoint.id – Sebuah studi mengungkapkan bahwa keuntungan dari menikah salah satunya menurunkan tingkatan stres seseorang. Studi ini digagas oleh peneliti dari Universitas Carnegie Mellon di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Penelitian ini menganalisa 572 orang dewasa dari usia 21-55 tahun. Caranya analisanya adalah mengambil air liur peserta dan mengukur kadar kortisol sebagai pengukuran tingkat stres.

Hasilnya, orang yang menikah memiliki kadar kortisol lebih rendah banding dengan orang lajang.

“Data ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana hubungan sosial intim kita dapat mempengaruhi kesehatan,” kata direktur laboratorium universitas sekaligus salah satu penulis studi, Sheldon Cohen.

Tingkat stres tinggi pada pikiran datang dari banyak konsekuensi negatif terhadap kesehatan. Maksudnya, seorang lajang dalam jangka panjang mendapati banyak tantangan kesehatan. Studi yang terbit di Jurnal Psychoneuroendocrinology itu mendapat apresiasi positif dari kalangan akademisi.

“Sangat menarik bisa menemukan jalur siologis yang menjelaskan bagaimana hubungan memengaruhi kesehatan dan penyakit,” kata Brian Chin dari Departemen Psikologi Fakultas Ilmu Humaniora dan Ilmu Sosial Dietrich, dikutip dari laman Study Finds, Selasa (5/1).

https://republika.co.id/berita/qmfmzn463/orang-yang-menikah-cenderung-tidak-mudah-stres-embenarkahem