Wapres Lantik 500 OAP Jadi Karyawan BUMN

kabar24.bisnis.com

TOTHEPOINT – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin melantik lebih dari 500 orang putra-putri terbaik Papua yang akan berkarya di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menurut Wapres Ma’ruf Amin, peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat terus menjadi fokus pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia. Komitmen ini menjadi acuan pemerintah dalam meminimalisasi kesenjangan sosial dan opini “Jawasentris”.

“Pelantikan ini merupakan pelaksanaan komitmen Presiden pada 10 September 2019 di Istana Negara, untuk melakukan afirmasi penerimaan 1.000 orang putra-putri terbaik Papua untuk berkarya di berbagai BUMN,” kata Wapres Ma’ruf Amin, Selasa (25/5/2021).

Wapres menegaskan pemerintah sangat serius memegang komitmen untuk memajukan Tanah Papua agar tidak mengalami ketertinggalan dari daerah-daerah yang lain.

“Pemerintah serius dalam membangun dan memajukan sumber daya manusia di Tanah Papua agar sejajar dengan saudara-saudara setanah air lainnya,” tegas Wapres.

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan bahwa kebijakan afirmasi terbaru bagi Papua tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, serta Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Berdasarkan aturan tersebut, Wapres selaku Ketua Pengarah Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, saat ini sedang melakukan finalisasi rencana aksi tindak lanjut bersama dengan para menteri dan pimpinan lembaga terkait.

“Akan mencakup tujuh bidang prioritas, yaitu penanggulangan, kemiskinan, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, pemberdayaan UMKM, serta pencapaian SDG’s dan infrastruktur,” jelasnya.

Kemudian, Wapres juga berharap agar percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dapat segera terlaksana dan didukung oleh seluruh masyarakat dan lembaga terkait.

“Saya mengharapkan dan mengajak kita semua bersama-sama memberikan dukungan terbaik dan menjaga suasana yang kondusif agar program percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat dapat secepatnya terlaksana dan memberikan hasil, serta manfaat yang nyata,” kata Wapres.

Di acara itu, bukan hanya putra putri dari Papua yang akan berkarya di BUMN yang dilantik. Wapres Ma’ruf Amin juga bareng melantik para penyandang disabilitas berkarya di BUMN.

Wapres berpesan kepada para putra dan putri Papua serta penyandang disabilitas yang dilantik agar dapat bekerja dengan optimal dan menjadi contoh bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Saya ucapkan selamat bekerja dan semoga sukses. Tunjukkan kemampuan terbaik kalian dan buktikan bahwa kalian layak menjadi teladan bagi putra dan putri Indonesia,” kata Wapres.

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa BUMN tidak hanya berupaya menggerakkan ekonomi nasional saja, tetapi juga mengatasi berbagai permasalahan sosial yang semakin menjadi akibat pandemi Covid-19.

Menurut Erick, BUMN sebagai lokomotif ekonomi Indonesia tidak hanya berkomitmen dan konsisten dalam menggerakkan ekonomi nasional. Upaya transformasi BUMN juga untuk permasalahan ekonomi dan sosial yang di masyarakat pada umumnya, yang semakin dalam akibat pandemi ini.

“Salah satunya adalah pemerataan kesejahteraan dan kesempatan bagi penyandang disabilitas dan putra-putri Papua,” ucap Erick.

“Kami percaya, pemulihan dan pertumbuhan ekonomi tidak akan optimal jika tidak merata dan tidak inklusif,” tambahnya.

Sebagai informasi, sejak tahun 2019 pemerintah melalui Kementerian BUMN telah melakukan perekrutan putra/putri terbaik Papua sebanyak 522 orang. Di tahun 2020 sebanyak 254 orang, dan pada tahun 2021 proses perekrutan masih berlangsung hingga memenuhi target 1.000 orang.

Sedangkan untuk penyandang disabilitas, sejak tahun 2020 Kementerian BUMN sudah melakukan perekrutan sebanyak 178 orang dan jumlah tersebut akan terus ditingkatkan.

Ada delapan peserta yang diundang mewakili delapan BUMN yang hadir dilantik secara langsung. Yakni Yaneke Hana Grace Risakotta (PT Pertamina), Jessica Leylani Inggamer (PT Bank Mandiri), Benedictus Plato Ham Imbiri (PT Kimia Farma), Marsel Delano Mehue (PT PLN), Adityo Eko Putra (PT Bank Negara Indonesia), Dwi Putra Ramadhan (PT Bank Rakyat Indonesia), Husnul Fikri (Permodalan Nasional Madani), Bimo Satriyo Dwi Putro (PT Telekomunikasi Indonesia).(*)