Viral Pria Bekasi Ciptakan Alat Buka Tutup Masker Otomatis Dikendalikan Suara

TOTHEPOINT-Masker menjadi salah satu alat untuk mencegah penularan corona di tengah pandemi. Imbauan dari pemerintah setiap hari disampaikan untuk menggunakan masker dengan benar. Akan tetapi, ada yang unik dengan inovasi pria asal Bekasi bernama Megandi (23).

Ia menciptakan prototipe mesin pembuka dan penutup masker otomatis melalui suara menggunakan handphone.Secara singkat, cara kerja prototipe itu sederhana. Alat akan menutup masker ke wajah ketika ada suara ‘tutup masker’ di gawai tersebut. Begitu pula dengan perintah ‘buka masker’. yang tinggal di Pondok Gede itu mengatakan bahan untuk membuat alat itu terdiri dari stik es krim, masker, sapu lidi, dan sejumlah komponen elektronika. “Gak sampe Rp 100 ribu [biayanya],” ujar Megandi kepada kumparan, Senin (17/5).

Ia mengatakan, teknologi yang ia gunakan adalah microcontroller ESP 32 dan dua buah servo. Perangkat itu kemudian disambungkan dengan bluetooth atau internet ke handphone.

“Di iPhone sendiri saya pakai bahasa pemograman Swiftstep,” tambahnya. Sebelum membuat prototipe itu, ia merancang desain masker terlebih dahulu. Setelah itu, ia mulai mempogram microcontroller dengan mengoneksikan antara ESP 32 dan servo.

ESP 32 merupakan chip yang digunakan dalam pembuatan sistem aplikasi. Sementara itu, servo adalah perangkat untuk mengontrol gerakan. “Setelah berhasil jalan servo-nya, saya mulai membuat aplikasi di iPhone.

Abis itu mulai mengintegrasikan antara microcontrollernya dengan aplikasi di iPhone. Setelah berjalan lancar, baru saya rakit dengan sedemikian rupa,” imbuhnya. Megandi merupakan lulusan sarjana Ilmu Komputer dari salah satu universitas swasta di Jakarta. Ia lulus dari kampus tersebut tahun lalu.(*)