Viral Masker Berlogo Tunarungu, Bagaimana Awal Mulanya?

Tothepoint.id- Belakangan ini beredar pesan yang menjelaskan keberadaan masker dengan logo khusus untuk tunarungu. Alasannya disebut untuk menghindari kesalahpahaman pada para penyandang tunarungu karena keterbatasan visual saat berkomunikasi dengan seseorang yang memakai masker di masa pandemi.

“Logo ini menandakan pemakainya tunarungu, atau mempergunakan alat dengar. Karena pandemi COVID-19 prokes mempergunakan masker, maka kaum tunarungu ini tidak dapat membaca gerak bibir kita, sehingga jangan sampai ada salah komunikasi,” tulis pesan yang beredar.

Pendiri sekaligus CEO Thisable Enterprise, perusahaan yang bergerak di bidang pemberdayaan penyandang disabilitas, Angkie Yudistia mengetahui soal pesan viral tersebut. Hanya saja inisiatif menggunakan logo tunarungu di masker ini diakui tidak datang dari pihaknya.

“Sebenarnya itu ide yang bagus agar masyarakat umum dapat memahami kalau mereka bertemu atau sedang berbincang dengan penyandang disabilitas tuli/tunarungu. jadi tidak ada kesalahpahaman dalam berkomunikasi,” kata Angkie pada detikcom, Rabu (10/2/2021).

“Namun inisiatif bukan datang dari saya. Justru saya saat ini masih mencari tau siapa inisiator pembuat masker berlogo khusus bagi penyandang disabilitas tuli/tunarungu itu,” lanjut wanita yang juga menjabat sebagai staf khusus Presiden Jokowi ini. (PND)