Varian Baru Dari Virus Corona Datang Ke Asia Tenggara

Virus Corona. Foto: https://www.ruparupa.com/blog/bersama-cegah-virus-corona-mengepidemi-indonesia/
Virus Corona. Foto: https://www.ruparupa.com/blog/bersama-cegah-virus-corona-mengepidemi-indonesia/

Tothepoint.id – Varian Virus Corona yang baru telah merambah ke Asia Tenggara. Beberapa negara yang telah terkena diantaranya Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Thailand melaporkan kasus pertama dari varian baru ini pada tanggal 4 Januari 2021. Korban pertama adalah keluarga asal Inggris yang baru saja datang ke Bangkok. Seluruh anggota keluarga ini terdiri dari 4 orang. Semua anggota terinveksi Virus Corona ini.

“Kita telah mengendalikan kasus-kasusnya dengan baik untuk mencegah penyebaran lebih lanjut,” tegas Dr Yong ahli Virologi Thailand, Minggu (3/1) waktu setempat.

Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit, Dr Opas Karnkawinpong, juga mengonfirmasi terdeteksinya kasus varian baru Corona dari Inggris, di antara warga negara asing yang dipulangkan.

Malaysia ikut melaporkan varian baru Corona pada Rabu (23/12/2020). Jenis baru COVID-19 ini dideteksi dari 60 sampel pasien Corona di Sabah. Direktur jenderal Kementerian Kesehatan Dr Noor Hisham Abdullah, mengatakan jenis baru Corona yang ditemukan adalah A701B. Mirip dengan mutasi Corona di Afrika Selatan.

Varian baru Corona yang ditemukan di Inggris juga sudah sampai ke Singapura. Singapura mengonfirmasi kasus pertama COVID-19 dari mutasi tersebut pada Rabu malam (23/12/2020). Dikutip dari Channel News Asia, varian baru virus Corona datang dari seorang pelajar berusia 17 tahun. Dia telah belajar di Inggris sejak Agustus lalu. Remaja ini kembali ke Singapura pada 6 Desember dan menyampaikan pemberitahuan tinggal di rumah di fasilitas khusus saat kedatangan.

“Siswa itu mengalami demam pada 7 Desember, dan dipastikan terinfeksi COVID-19 pada 8 Desember,” kata Departemen Kesehatan Singapura.

https://news.detik.com/internasional/d-5320979/corona-varian-baru-merambah-asia-tenggara?tag_from=wp_nhl_8