Varian Baru Covid-19, Ganjar Minta Perketat Pintu Masuk RI

Tothepoint.id- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta Dinas Kesehatan Jawa Tengah untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait virus Covid-19 varian baru, B1117.

Virus Covid-19 B1117 dikabarkan telah masuk ke Indonesia dan dikabarkan ada dua kasus baru ditemukan di Karawang, Jawa Barat.

“Tentu akan kami pantau, dari Dinkes juga saya minta pantau terus dan kita koordinasi terus dengan pusat agar kita bisa mencegah,” kata Ganjar diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, Rabu (3/3).

Ganjar menambahkan, dua orang yang terinfeksi Covid-19 B1117 tersebut harus dilakukan pelacakan jejak. Menurutnya tim riset dari Kementerian Kesehatan harus segera mencari sebenarnya varian baru itu seganas apa. Sehingga, tindakan antisipatif bisa segera dilakukan.

“Kalau harus dilakukan treatment khusus, maka kira-kira treatment yang bisa menangkal seperti apa. Kan kalau mendengarkan ini cepat menular dan mematikan, apakah benar seganas itu? Maka jangan sampai orang takut semuanya,” tegasnya.

Ganjar juga mengusulkan pintu-pintu masuk ke Indonesia diperketat hari ini. Sebab jika memang sudah terdeteksi adanya varian baru yang masuk, maka hal itu harus dilakukan.

“Ya menurut saya baik juga kalau ada varian baru dan sudah mulai terdeteksi, maka kita mesti hati-hati. Kalau perlu pintu-pintu masuk ke Indonesia diperketat mulai hari ini,” pungkasnya.