Usai Dimarahi Risma, Seperti Ini Kesigapan Petugas Dapur Umum Wyata Guna

TOTHEPOINT –Menteri Sosial Tri Rismaharini sempat marah-marah di dapur umum Kemensos karena melihat ASN di Balai Wyata Guna, Kota Bandung, Jawa Barat tidak sigap dalam menjalankan tugas. Hari ini, Rabu (14/7/2021), detikcom kembali lagi ke Wyata Guna untuk melihat aktivitas dapur umum yang hari kemarin dievaluasi oleh Risma.

Berdasarkan pantauan di lapangan puluhan petugas sibuk dengan pekerjaannya masing-masing masing, ada yang memasak, mengiris bumbu rempah, mensortir telur, menyiapkan boks nasi, hingga mendistribusikan nasi boks dan telur.

Kepala Wyata Guna Sudarsono mengatakan ada sekitar 37 orang relawan Tagana yang dibagi tugas menjadi tiga shift dan sekitar 40 ASN Kemensos yang bertugas di dapur umum.

“Kami buat nasi boks 2 ribu per hari ini dan telur rebus yang awal hanya 2.400 paket sekarang sudah lebih dari 2.900 paket,” kata Sudarsono kepada detikcom.

“Dengan permintaan terus bertambah, supporting bertambah, paket telur rebus kita tambah,” kata dia menambahkan.

Sudarsono mengungkapkan nasi boks dan telur rebus itu didistribusikan untuk petugas PPKM Darurat di Bandung Raya, nakes di beberapa rumah sakit, hingga warga yang melakukan isoman.

“Awalnya RSUD Kota Bandung dan Bhayangkara, sekarang Hasan Sadikin, Muhammadiyah dan Al-Ihsan. Ada 5 rumah sakit. Perintahnya ada nasi dan telur, ada juga yang hanya telur,” ujarnya.

Tak hanya itu, warga yang sedang melakukan isoman juga bisa dapatkan bantuan nai boks dan telur rebus dari dapur umum ini.

“Ke warga isolasi ada RW 12 di Cimahi langsung konfirmasi ke kami, fluktuasi (jumlah) sempat turun dan naik kami support. Siapapun bisa selama yang isoman sampaikan ke kami, biasanya datang berkelompok agar distribusinya mudah,” jelasnya.

“Petugas lapangan kami suport anggota kepolisian di lapangan, Linmas Kelurahan Pasir Kaliki juga,” katanya.

Sudarsono menyatakan jika ada warga isoman yang jngin mendapatkan bantuan nasi boks dan telur rebus di dapur umum ini tinggal datang ke Wyata Guna dengan syarat berkelompok atau Kolektif.