Unik, Permainan Anak-Anak Suku Dani Di Lembah Baliem Papua

Tothepoint.id, Papua – Tidak seperti di kota besar. Anak-anak Suku Dani di Lembah Beliem pegungungan Papua masih memilki kehidupan yang otentik dan khas.

Sekarang ini anak-anak perkotaan lebih suka bermain gadget dibanding bermain sebaya dengannya. Bagi anak-anak laki Lembah Beliem sepulang sekolah mereka akan pergi bermain berburu jangkrik, tonggeret, dan belalang. Serangga yang mereka dapatkan akan dibakar dan dimakan bersama-sama. Untuk anak perempuan, selesai sekolah mereka membantu ibunya ke kebun dan ikut merajut noken (tas tradisional Papua). Sungguh petualangan dan pengalaman yang seru.

Kebiasaan bermain-main anak-anak suku Dani ini sudah langka ditemukan di kota-kota besar Indonesia. Seperti melempar sege (semacam tombak), puradan (lempar tombak ke arah sasaran lingkaran rotan), dan panahan. Semua permainan ini pasti akan kita temukan di tanah Papua itu.

Itulah permainan olahraga anak-anak Suku Dani. Ada pula permainan alat musik mereka yang terbuat dari bilah bambu dengan ditiup bernama Pikon. Mirip dengan harmonika secara umumnya.

Dalam kesempatan skala besar, permainan-permainan ini diadakan dalam bentuk Fesival Budaya Lembah Baliem. Festival ini berlansung pada bulan Agustus setiap tahunnya. Namun dalam festival itu kita akan temukan permainan itu dimainkan oleh orang-orang dewasa.

https://travel.detik.com/travel-news/d-5293541/jauh-dari-gadget-ini-cara-anak-suku-adat-papua-habiskan-waktu