Unik, Begini Cara Melihat Cendrawasih, Si Cantik Dari Papua

Burung Cendrawasih masuk dalam salah satu daya tarik dari provinsi Papua. Hal ini menjadikan Cendrawasih sebagai salah satu satwa yang dilindungi pemerintah.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, dikarenakan kecantikannya, Cendrawasih menjadi sasaran perburuan liar. Belum lagi deforestasi untuk mengubah lahan hutan menjadi kebun, yang tentunya mengancam habitat mereka.

Walaupun termasuk satwa yang dilindungi, kamu masih bisa menikmati kecantikan burung Cendrawasih di alam liarnya.

Ada beberapa daerah tujuan wisata di Papua, seperti di daerah Mamberamo Foja, Merauke, Wamena dan Jaya Wijaya di mana kalian bisa langsung mengamati Cendrawasih.

Terdapat beberapa tips penting yang harus diingat untuk mengamati Cendrawasih, yaitu jangan menggunakan parfum atau mandi sebelum mengamati burung. Karena Cendrawasih termasuk burung dengan indra penciuman yang sensitif. Selain itu, indra pendengaran Cendrawasih juga termasuk tajam jadi jangan membuat suara-suara ketika kalian berada di wilayahnya. Kalian juga direkomendasikan untuk bersembunyi di balik pohon dan memakai pakaian berwarna gelap sehingga kalian tidak terlihat oleh Cendrawasih.

https://travel.detik.com/travel-news/d-4600467/7-fakta-menarik-tentang-cendrawasih-si-burung-surga