Terduga Teroris Merauke Terkait dengan Kelompok Pengajian Villa Mutiara Makassar

TOTHEPOINT – Terduga teroris yang ditangkap di Kabupaten Merauke terkait dengan kelompok pengajian Villa Mutiara Makassar. Ke-13 orang yang diamankan ini tergabung dalam Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berbaiat ke ISIS.

Kepala Biro Penmas Mabes Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan, JAD Merauke dan Villa Mutiara Makassar sama-sama pernah mengikuti pengajian bersama.

“Iya, sekali lagi ada kontak di antara mereka itu. Pernah juga bertemu,” kata Brigjen Pol Rusdi saat konfrensi pers, Senin (7/6/2021).

Selain itu, kelompok tersebut berkomunikasi dengan berbagai platform media, di antaranya grup Whatsapp. Karena itu mereka saling kenal satu sama lain.

“Ya tidak hanya itu (grup WA) saja di antara mereka sudah saling bisa kenal orang-orang di Merauke,” kata dia.

Dia mengatakan, intensifnya upaya penindakan dan pencegahan terorisme yang dilakukan oleh tim Densus 88 Mabes Polri membuat kelompok ini bergerak ke daerah pinggiran.

“Secara otomatis saja ketika aktivitas penegakan hukum oleh Densus demikian tinggi, tentunya mereka pun akan mencoba keluar daerah,” ujarnya.

Sebelumnya tim Densus 88 Mabes Polri dibantu jajaran personel Polda Papua menangkap 13 terduga teroris di sejumlah wilayah Kabupaten Merauke dalam satu pekan terakhir.(*)