TPNPB Akui Tewasnya Anggota KKB yang Tewas dalam Baku Tembak dengan TNI di Ilaga

TOTHEPOINT  – Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) yang baru-baru ini dijuluki organisasi teroris oleh Indonesia, mengakui seorang anggotanya tewas tertembak dalam baku tembak di Ilaga, Kabupaten Puncak, Kamis (13/5/2021).

Anggota TPNPB atasnama Edis Waker itu dipastikan tewas tertembak melalui pernyataan resmi Lekagak Telenggen yang disebut sebagai penanggungjawab (perang) sekaligus Komandan Operasi Umum TPNPB berpangkat Mayor Jenderal.

“Markas Pusat TPNPB-OPM telah terima laporan dan mengumumkan duka nasional bagi bangsa Papua. Seorang prajurit terbaik telah gugur. Hormat kepada almarhum Edis Waker,” katanya dalam pernyataan yang dirilis Juru Bicara TPNPB, Sebby Sambom, Sabtu (15/5/2021).

Lekagak mengatakan, pasukannya terlibat kontak tembak dengan TNI/Polri di sekitar Jalan Raja Kagago-Muara, Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Kamis sekitar pukul 07.25 WIT pagi.

Edis Waker, menurut Lekagak, ketika itu berada di posisi paling depan melakukan pengintaian disusul rekan-rekannya dari belakang. Rupanya, posisi Edis diketahui pasukan TNI/Polri kemudian langsung ditembak.

“Edis Waker dia duluan pantau dan pasukan lain dari belakang. Tetapi ternyata anggota TNI/Polri sudah ambil posisi siaga, maka saat anggota TPNPB atasnama Edis Waker masuk langsung ditembak,” katanya.

Tiga anggota TPNPB lainnya kemudian mundur meninggalkan lokasi usai Edis tertembak, lalu mereka melapor ke Komandan Lapangan Leri Mayu Enumbi.

“Dan setelah mendengar anggota TPNPB tertembak, maka pasukan TPNPB lainnya kembali serang. Serangan dilakukan dari pukul 08:30 sampai pukul 15:15 waktu Papua,” katanya.

Lekagak mengklaim seorang anggota TNI tertembak dalam serangan balasan tersebut. Namun, informasi itu belum terkonfirmasi, termasuk oleh otoritas keamanan setempat.

“Komando Lapangan Perang Lery Mayu Murib dan Frengke Telenggen bersama pasukan lainnnya yang telah melakukan serangan ini,” ujar Lekagak, dilansir Sebby Sambom.

Edis Waker atau Wandis Enimbo?

Humas Operasi Nemangkawi merilis identitas anggota KKB yang tewas tertembak di Wuloni, Ilaga, adalah Wandis Enimbo (29 thn) yang juga berperan sebagai ajudan pribadi Lesmin Waker.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy mengatakan, identitas itu diketahui setelah Satgas Gakkum Ops Nemangkawi mengevakuasi jasad Wandis dan melakukan serangkaian proses indentifikasi, Jumat (14/5/2021).

Iqbal mengemukakan, proses identifikasi jenazah dilakukan di Puskesmas Ilaga Puncak disaksikan Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia bersama Dandim 1714 Puncak Jaya.

Identifikasi dilakukan dengan pengambilan sidik jari jenazah, pernak pernik hiasan yang digunakan, pencocokan wajah, didukung hasil penyelidikan lapangan berdasarkan keterangan sejumlah pihak yang mengenal korban.

“Dari keterangan saksi yang dilakukan wawancara bahwa benar yang bersangkutan adalah ajudan teroris Lesmin Waker yang selalu bersama KKB Lesmin Waker,” kata Iqbal.

Ada pun, menurut Iqbal, hasil identifikasi berdasarkan ciri-ciri dan tanda yang melekat pada jenazah, antara lain anting besi di telinga kiri dan kanan, gelang besi di tangan dan kalung manik-manik plastik.(*)