TMMD, Pekerjaan Berat Jadi Ringan

TOTHEPOINT –Bupati Barito Utara Haji Nadalsyah mengaku bangga dengan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Karena pekerjaan yang kelihatannya berat bisa menjadi ringan, dilaksanakan secara bersama-sama atau gotong royong.

“Hasil yang diperoleh pun akan terlihat jauh lebih baik dengan kualitas yang tidak diragukan lagi,” ujar Bupati Barito Utara saat kunjungan di lokasi TMMD Reguler 111 di desa Karamuan, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara, Selasa (6/7/2021)

Dia menilai, lewat TMMD, masyarakat dan TNI juga Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Polri, pemuda desa hingga organisasi kemasyarakatan turun tangan membangun desanya.

Menurutnya, ajang TMMD juga bisa dijadikan menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan kecintaan terhadap NKRI dan ideologi Pancasila. Gotong royong menjadi ruh utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila.

Dengan kegiatan yang bersifat kebersamaan, lanjutnya, bisa mencegah terorisme dan radikalisme. Gerakan radikalisme yang memaksakan kehendak sendiri dengan cara-cara yang membabi buta akan mendatangkan kemudlaratan.

TMMD ini, masyarakat secara bersama-sama memperbaiki desanya tidak hanya berupa fisik juga ada pembinaan mental spiritual lewat sarasehan, penyuluhan dan kegiatan sosial lainnya.