Ternyata Vaksin Dan Imunisasi Berbeda

Vaksinasi Dan Imunisasi. Foto: https://konsultasisyariah.com/32277-hukum-imunisasi-yang-mengandung-babi.html
Vaksinasi Dan Imunisasi. Foto: https://konsultasisyariah.com/32277-hukum-imunisasi-yang-mengandung-babi.html

Tothepoint.id – Walau terlihat serupa, vaksin dan imunisasi adalah dua hal yang berbeda. Orang-orang masih banyak bingung membedakan vaksin dan imunisasi. Nyatanya perbedaan itu sering diindahkan dikarenakan tujuannya yang sama. Sama-sama penawar berbagai penyakit.

Vaksin adalah produk merangsang sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu. Sementara imunisasi adalah proses imunitas daya tahan tubuh dengan salah satu caranya memberikan vaksin.

Imunisasi

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), imunisasi adalah proses membuat seseorang jadi kebal terhadap penyakit menular, biasanya dengan pemberian vaksin. Imunisasi menggambarkan perubahan aktual yang dialami tubuh setelah menerima vaksin.

Vaksin merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melindungi seseorang dari infeksi berikutnya atau penyakit. Sistem kekebalan mengembangkan antibodi terhadap penyakit sehingga tidak dapat membuat seseorang sakit kembali.

Vaksin dan Vaksinasi

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mendefinisikan vaksin sebagai produk yang merangsang sistem kekebalan seseorang untuk menghasilkan kekebalan terhadap penyakit tertentu yang melindungi orang tersebut dari penyakit tertentu.

Vaksinasi adalah proses memasukkan vaksin ke dalam tubuh atau tindakan memasukkan vaksin ke dalam tubuh untuk menghasilkan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Vaksin biasanya diberikan melalui suntikan jarum, tetapi bisa juga diberikan melalui mulut atau disemprotkan ke hidung.

Terkadang kekebalan tubuh berkurang seiring waktu. Vaksin berguna untuk menambah kekebalan itu. Banyak orang dalam komunitas yang divaksinasi memberikan perlindungan kepada orang-orang. Mereka sendiri pun belum divaksinasi melalui proses kekebalan komunitas atau herd immunnity tersebut.

Jika sebagian besar orang dalam suatu komunitas kebal terhadap suatu penyakit melalui imunisasi, penyakit tertentu tidak mungkin menyebar dan mempengaruhi siapa pun dalam komunitas seperti jika orang tidak divaksinasi.

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5332351/beda-vaksin-dan-imunisasi-yang-sering-bikin-bingung