Ternyata Senaf Soll Otak Pembunuhan 2 TNI Gunakan Identitas Palsu untuk Kelabui Aparat Keamanan

TOTHEPOINT – Komandan Korem172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan mengungkap sosok otak pembunuhan staf KPUD Yahukimo Hendry Jovinski dan 2 anggota Yonif Linux 432/Kostrad di Dekai.

Dia adalah Senaff Soll alias Ananias Yaluka yang merupakan pecatan anggota TNI AD.

“Nama aslinya adalah Ananias Yaluka, namun saat mendaftar sebagai anggota TNI yang bersangkutan menggunakan identitas palsu, yakni Senaff Sol,” kata Brigjen Izak Pangemanan dilansir dari Antara, Senin (24/5/2021).

Identitas Senaff Soll itu terungkap setelah TNI melakukan penelusuran dan saat penganiayaan terhadap kedua prajurit TNI yang bersangkutan dilaporkan berada di TKP.

Menurut laporan yang diterima, terungkap pelakunya kelompok Senaff Soll, namun apakah dia sebagai eksekutor atau bukan masih menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan polisi.

“Kami sedang fokus agar dua senpi milik Yonif Linux 432 dikembalikan dengan dibantu pemda beserta tokoh masyarakat dan tokoh agama di Yahukimo, ” kata Brigjen TNI Pangemanan.

3 Orang yang menjadi korban penganiayaan hingga meninggal yakni Hendry Jovinski yang meninggal pada 2020 lalu, dan dua anggota TNI dari Yonif Linud 432 yakni Prada Ardiyudi (21 th) dan Praka Alifnur Angkotasan (28).

Senaff atau Ananias sudah dipecat dari TNI sejak 2019 sesuai putusan Mahkamah Militer III Jayapura yang menyidang secara in absensia atau tanpa kehadiran terdakwa terkait jual beli amunisi dan senjata api di Kabupaten Mimika.

Sebelum dipecat dan melakukan berbagai tindak kriminal Senaf Soll sempat bertugas di Yonif 754/ENK dengan pangkat Prada.(*)