Teluk Bintuni Papua Barat, Asri dan Terjaga

Tothepoint.id, Papua Barat – Kabupaten Teluk Bintuni dihuni oleh 76.932 jiwa dengan luas wilayah 20.840 km2 dan memiliki keindahan alam yang asri. Teluk Bintuni ini, terletak di wilayah Papua Barat.

Meski dikenal dengan cadangan minyak buminya yang berlimbah, sektor pariwisata Bintuni juga tak kalah menjanjikan.

Sejumlah wilayah di Kabupaten dengan luas wilayah sekitar 20.840 km2 itu masih terjaga. Tempat-tempat tersebut kerap dikunjungi untuk sekadar melepas penat. Bahkan sebagian bukanlah tempat wisata, melainkan permukiman masyarakat yang kental dengan kearifan lokalnya.

Selama 6 tahun terakhir, terjadi peningkatan kebutuhan masyarakat untuk berwisata. Melansir dari republika.com, terdapat dua faktor yang menyebabkan dorongan tersebut, yakni peningkatan pendapatan masyarakat kelas menengah dan digitalisasi.

Kedua, hal tersebut mendorong masyarakat untuk mengejar aktualisasi yang diwujudkan melalui berwisata. Sederhananya, banyak dari kita yang ingin berswafoto bersama lanskap indah nan asri untuk dijadikan konten media sosial.

Kebutuhan masyarakat akan berwisata juga berdampak pada jenis layanan wisata yang ada. Masyarakat dihadapkan pada sejumlah pilihan wisata seperti wisata bahari, wisata budaya, wisata pertanian, wisata cagar alam, wisata edukasi dan lain sebagainya.

Artikel ini sebelumnya sudah diterbitkan di bintunibasaudara.com : https://bintunibasudara.com/tempat-wisata-teluk-bintuni-yang-masih-asri-dan-etnik/?fbclid=IwAR13aMXWvjafreDqUNLSRDWkpC7PnjtaOy4Ge5xdQkfehAfixBmKng9hX2o