Tangkal Radikalisme di Kaltim, Korem 091/ASN Bahas Bersama Tokoh Masyarakat dan Agama

TOTHEPOINT – Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) menggelar, pembinaan komunikasi sosial (Komsos) cegah tangkal radikalisme dan separatiseme dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat.

Pembinaan Komsos ini mengambil tema “Meneguhkan Toleransi Mencegah Radikalisme dan Separatisme”,  yang diadakan di Aula Wira Yudha Makorem 091/ASN Jalan Gajah Mada Kota Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (15/6/2021).

Dalam kegiatan Komsos tersebut dibuka Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro.SIP.M.Si. menyampikan, ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran tamu undangan.

 “Kegiatan ini disamping menjadi media silaturahmi dan komunikasi diantara kita, juga merupakan sarana bertukar informasi agar kita dapat memahami hakikat dan bahaya Radikalisme”, jelasnya. 

Danrem menuturkan, maraknya berbagai persoalan yang berkaitan dengan perkembangan radikalisme dan separatisme di Indonesia, bukan hanya sebagai tanggung jawab pemerintah atau aparat keamanan saja.

“Kegiatan komunikasi sosial cegah tangkal radikalisme dan sparatisme perlu dilaksanakan untuk mewujudkan kesadaran masyarakat tentang arti bahaya radikalisme dan separatisme bagi segenap komponen bangsa Serta terbentuknya komponen bangsa yang berkepribadian dan berjiwa Bhineka Tunggal Ika, memiliki toleransi yang tinggi,  terhadap perbedaan yang ada guna mendukung ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945”, tambah Danrem.

Kegiatan  Komsos di hadiri Ketua FKUB Kaltim KH. Asmunie Ali, Ketua PDKT H.Syahari Jaang SH, M.Si, Ketua Buddhist Center Kaltim Pandita Hendri Suwito, Ketua Matakin Konghucu Kaltim Tan Tiong Leng.

Selain itu, juga hadir Ketua GEPAK Kaltim Abraham Ingan, SH, Ketua KKDK-KT Dr. Jiuhardi MM, Ketua LADK-KT Ajang Kedung SE, Ketua STB-KT Hengki SH,  Sekjen LPADKT-KU Frans Apui SH,. Ass Intel Kejati Kaltim M.Sumartono SH, MH dan Para Tokoh Masyarakat, Agama, Tokoh, Adat dan Tokoh Pemuda Kaltim. (*)