Tak Kalah Dengan GBK, Stadion Lukas Enembe Berdiri Megah di Bumi Cendrawasih

Foto: tothepoint.id

Tothepoint.id– Stadion Lukas Enembe merupakan stadion termegah yang terletak di Indonesia bagian timur. Stadion yang menjadi kebanggan masyarakat Papua itu tak kalah megah dibandingkan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Stadion yang memiliki kapasitas 40 ribu tempat duduk ini terletak di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Pemerintah Papua mengucurkan dana Rp 1,3 triliun untuk membangun Stadion Papua Bangkit.

Stadion yang menjadi ikon Papua dan Indonesia Timur itu tentunya sudah bertaraf internasional dan sesuai standar FIFA. Selain sebagai tempat digelar pertandingan sepak bola, stadion ini juga dilengkapi lintasan atletik.

Stadion ini memiliki total area 13,7 hektare (ha) dengan luas stadion utama 71.697 meter persegi. Nantinya, stadion yang pada bagian luar dihiasi ornamen ukiran khas Papua tersebut menjadi lokasi utama perhelatan PON 2020.

Sayangnya, hingga kini jadwal PON 2020 masih berstatus tentatif. Hal tersebut tak lepas dari pandemi virus corona yang tengah mewabah di Indonesia.Awalnya, PON 2020 akan dibuka pada 20 Oktober mendatang. Namun, akibat pandemi virus corona, PON ke-20 kemungkinan besar bakal ditunda dan digeser ke Oktober tahun depan.