Syekh Ekrima Sabri, Khatib Masjid Al-Aqsa ditangkap Pasukan Israel

Tothepoint.id-, Syekh Ekrima Sabri merupakan eks mufti agung Yerusalem sekaligus khatib di Masjid Al-Aqsa di tangkap oleh Pasukan Israel pada Rabu, 10 Maret. Menurut keterangan kerabat Sabri mengatakan tidak ada alasan jelas terkait penangkapan ini.

Istri Sabri, yang diidentifikasi hanya sebagai Umm Ammar, mengatakan kepada situs berita Arab, Arabi 21, penangkapan terhadap suaminya tersebut terjadi pada pukul 10 pagi. Sabri dibawa ke penjara Senyawa Rusia di Yerusalem Barat.

“Pasukan pendudukan tidak memberikan alasan penangkapan syekh dan datang saat dia sedang mempersiapkan khotbah salat Jumat di Masjid Al-Aqsa,” katanya dikutip dari Al Araby, Kamis, 11 Maret 2021.

Senada dengan istri Sabri, seorang kerabat Sabri juga mengatakan, “Israel tidak memberikan alasan apapun untuk penangkapannya,” kata dia sambil menolak disebutkan namanya karena alasan keamanan.

Penangkapan Pria 82 tahun ini oleh pasukan Israel bukan hanya terjadi kali ini saja. Namun sudah beberapa kali terjadi penangkapan.

Departemen Wakaf Agama Islam Yerusalem mengatakan di hari yang sama dengan penangkapan Sabri, puluhan ekstremis Israel, termasuk Rabbi Yehuda Glick sayap kanan, menyerbu Masjid Al-Aqsa di bawah perlindungan polisi Israel. 

Ekstremis Israel meyakini bahwa masjid harus dihancurkan dan diganti dengan Kuil Ketiga Yahudi.

Pasukan Israel juga menangkap empat warga Palestina pada hari Rabu di sekitar wilayah Betlehem, kantor berita Palestina WAFA melaporkan.