Sulit, Persipura Jayapura Bubar Akibat Finansial

Persipura Jayapura. Foto: https://www.bola.net/indonesia/ini-kunci-sukses-persipura-jadi-juara-liga-u-19-4f5833.html
Persipura Jayapura. Foto: https://www.bola.net/indonesia/ini-kunci-sukses-persipura-jadi-juara-liga-u-19-4f5833.html

Tothepoint.id, Papua – Persipura Jayapura resmi bubar pada tanggl 6 januari lalu. Alasan yang mengejutkan bubar lantaran masalah finansil (uang) yang kian lama terkuras. Mengalami kesulitan uang dan sponsor yang keluar menjadi masalah utama dari tim sepak bola mutiara hitam ini bubar. Selain itu ketidakjelasan dari kompetisi nasional, Shopee Liga 1 juga menjadi salah satu masalah yang lain.

“Hari ini, Rabu 6 Januari 2021, kami putuskan Persipura hentikan seluruh aktivitas. Situasi finansial semakin sulit bagi kami untuk terus membayar gaji pemain, pelatih, dan seluruh ofisial, hal ini karena Bank Papua sudah memastikan bahwa mereka tidak dapat membayarkan sisa kontrak (senilai) Rp 5 Miliar,” kata Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano.

Bubarnya Persipura juga kerugian bagi Indonesia di kancah Piala AFC 2021. Persipura sebenarnya sudah mewakili Indonesia di kompetisi besar Asia ini.

“Kami sangat menyayangkan situasi ini, padahal kami punya kesempatan untuk berlaga di AFC Cup 2021. Kami tidak mungkin memaksakan tim berjalan tanpa membayar gaji pemain, pelatih dan ofisial,” ujarnya.

Persipura juga merasa digantung oleh Bank Papua. Pihak klub sudah sejak lama meminta kejelasan terkait pendanaan sponsor, namun malah mendadak mengambil keputusan penghentian kerjasama.

“Kami sebenarnya sudah beberapa kali meminta kejelasan dan kepastian dari Bank Papua, tetapi baru hari ini mereka nyatakan tidak membayar, seandainya sejak awal disampaikan mungkin kita akan mencari jalan lain sebagai solusi, jadi selama ini kita digantung-gantung terus untuk sesuatu yang ternyata tidak jelas, kita di PHP berbulan-bulan,” Benhur menyesali.

https://sport.detik.com/sepakbola/liga-indonesia/d-5323868/kesulitan-uang-persipura-putuskan-bubar