Sosok Giri Suprapdiono, Pegawai KPK Berprestasi yang Turut Dinonaktifkan

TOTHEPOINT-Mantan Juru Bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengungkapkan sosok berprestasi yang masuk list 75 pegawai yang akan dinonaktifkan. Dia adalah Giri Supradiono.

Giri merupakan Direktur Sosialisasi & Kampanye Antikorupsi KPK. Pada Desember 2020 lalu, ia pernah menerima penghargaan Makarti Bhakti Nagari Award.

Tak hanya itu saja, Giri bahkan menjadi lulusan terbaik pelatihan kepemimpinan nasional II angkatan XVII di LAN.

Ketidaklulusannya di tes wawasan kebangsaan hingga membuatnya harus dinonaktifkan bikin Febri heran. Giri dan pegawai yang berintegritas lainnya seharusnya dipertahankan.

“@girisuprapdiono, mengabdi di KPK sejak 2005. Menerima sjumlah Penghargaan. Menjadi narasumber ttg wawasan kebangsaan & Antikorupsi di: SESKOAD, Lemhanas, sespim Polri dan Intelstrat BIN & ITB. Skrg ia trancam disingkirkan dari KPK krn Tes Wawasan Kebangsaan kontroversial,” tulis Febri melalui akun Twitter-nya, Selasa (11/5/2021).

Diketahui, sebanyak 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) resmi dinonaktifkan. Penyidik KPK senior Novel Baswedan merupakan salah satu di antaranya.

Surat keputusan yang bercap KPK itu ditetapkan pada tanggal 7 Mei 2021 dengan bernomor 652 tahun 2021, tentang hasil asesmen tes wawasan kebangsaan yang tidak memenuhi syarat dalam rangka pengalihan pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN).(*)