Soal Bonus Olimpiade Tokyo 2020, Ketua KOI: Bukti Atensi Spesial Pemerintah

TOTHEPOINT –Presiden Jokowi baru saja menyambut para tim kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/8/2021), pagi WIB. Dalam upacara penyambutan itu, Presiden Jokowi mengumumkan bonus untuk semua atlet, baik peraih medali maupun tidak, dan para pelatih.

 

Bonus dari pemerintah Indonssia, yang diumumkan Presiden Jokowi, disambut baik oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari. Okto, yang datang secara virtual dalam acara itu karena masih dalam masa karantina mandiri, memuji apresiasi pemerintah Indonesia kepada para atlet.

 

Apresiasi pemerintah untuk kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 memang sangat besar. Presiden Jokowi mengumumkan, bahwa peraih medali emas mendapatkan Rp5,5 miliar, perak Rp2,5 miliar, dan Rp1,5 miliar.

Para atlet, yang tidak mendapatkan medali, juga mendapatkan bonus dari pemerintah Indonesia. Akan tetapi, Presiden Jokowi tidak menyebutkan nominal bonus untuk atlet nonmedali.

Sekadar informasi, pemerintah Indonesia juga memberikan bonus kepada para pelatih. Pelatih atlet peraih medali emas berhak atas Rp2,5 miliar, perak Rp1 miliar, dan perunggu Rp600 juta. Untuk pelatih yang telah mendampingi atlet di Olimpiade Tokyo 2020, menerima Rp100 juta.