Sidang Praperadilan Rizieq Shihab Ditunda Karena Polisi Tak Datang

Kompas.com
Kompas.com

Tothepoint.id- Ketidak hadiran pihak termohon; yakni Badan Reserse Kriminal Polri dan Polda Metro Jaya menyebabkan  sidang praperadilan kasus kerumunan Rizieq Shihab kembali ditunda. Suharno, Hakim Tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menunda sidang hingga 8 Maret 2021.

“Hakim memberikan kesempatan agar termohon dipanggil sekali lagi, dengan catatan jika tidak hadir lagi, maka persidangan akan dilanjutkan,” jelas hakim Suharno dalam persidangan di PN Jaksel, Senin, 1 Maret 2021.

Prapreradilan tersebut diajukan Rizieq Shihab guna menggugat penangkapan dan penahanannya dalam kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, untuk kedua kalinya pada 3 Februari. Sidang praperadilan ini telah digelar dua kali, namun tidak pernah di hadiri Bareskrim Polri maupun Polda Metro Jaya.

Hakim tunggal Akhmad Sahyuti menolak seluruh gugatan Rizieq pada praperadilan pertama yang diajukan Rizieq Shihab. Menurut hakim, penetapan tersangka dan penahanan mantan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) tersebut telah sah secara hukum