Serem, Covid-19 Tembus 13 Ribu Kasus Perhari!

TOTHEPOINT – Kondisi yang sudah mengkhawatirkan, kasus harian COVID-19 tembus angka 13 ribu di tengah makin penuhnya kapasitas rumah sakit. Tercatat ada penambahan 13.737 kasus COVID-19 sehingga total mencapai 1.989.909 kasus pada Minggu (20/6/2021).

Sekjen Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI), dr Lia Partakusuma, mengungkap kondisi keterisian rumah sakit mulai mengkhawatirkan. Banyak di antara pasien datang dalam kondisi sudah berat.

“Kondisi rumah sakit sudah nyaris penuh terutama di Jawa. Kalau pasien ringan, kami akan menganjurkan untuk isolasi mandiri tapi tetap terpantau,” kata Lia dalam konferensi pers.

Kondisi ini antara lain berdampak pada kualitas pelayanan. Meski sudah ada penambahan logistik dan kapasitas pelayanan, lonjakan pasien masih tetap tidak terbendung.

Karenanya, PERSI menyarankan untuk sangat membatasi mobilitas pada saat-saat ini. Disarankan juga untuk tidak semua pasien langsung datang ke rumah sakit, bila memungkinkan datang dulu ke puskesmas jika masih bisa tertangani di tempat tersebut.