Satgas Nemangkawi Tangkap 1 Anak Buah KKB Nau Waker

TOTHEPOINT – Polisi menangkap satu anggota teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua, Mairon Tabuni. Dia adalah anak buah sekaligus kerabat Nau Waker, salah satu komandan teroris KKB.

“Penangkapan terhadap satu anggota KKB dilakukan pada Kamis, 10 Juni 2021, pukul 19:15 WIT di kawasan Jalan Ahmad Yani Timika,” kata Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata, Jumat (11/6/2021).

Disebutkan, Mairon terdeteksi berada di area Distrik Kwamki Narama. Satgas Nemangkawi langsung mendatangi lokasi tersebut dan mengikuti Mairon.

“Pada saat target melintas di Jalan Ahmad Yani dengan menggunakan mobil Avanza hitam dengan nomor polisi D 1194 AE, selanjutnya tim yang dipimpin Iptu Lukman melakukan penyergapan dan berhasil mengamankan target DPO. Selanjutnya dibawa menuju Polres Mimika untuk dimintai keterangan,” jelas Era.

Dari hasil interogasi, Mairon Tabuni mengaku bergabung dengan kelompok TPN/OPM pada 2017. Dia menyebut diajak Nau Waker (salah satu komandan KKB), karena saat itu menikahi kerabatnya yang bernama Kimi Wenda.

Mairon kemudian mengaku aksi teror pertamanya usai menjadi KKB adalah membakar kios di belakang asrama Polsek Tembagapura pada 2017. Di tahun yang sama, dia juga terlibat dalam penembakan kontainer di Mile 63, Mimika bersama KKB lainnya yakni Guspi Waker, Tandi, Nau dan Edinus Obagau. Saat itu dia bertugas menunggu di hutan.

Masih pada 2017, menurut keterangan polisi berdasarkan pemeriksaan, Mairon terlibat dalam teror penembakan mobil putih di Mile 69, tapi dirinya tidak diberi izin memegang senjata. Kemudian tiga tahun kemudian, 2020, Mairon terlibat teror penembakan kendaraan Brimob warna hitam di Utikini.

Saat itu Mairon Tabuni dan pasukan lain yang merusak jalan agar kendaraan tak bisa melintas. Saat ini polisi masih mendalami alasan Mairon Tabuni ke Distrik Kwamki Narama.

“Apa ada misi atau apa, kita masih dalami kenapa dia sampai ada di Kota Timika,” Kata Era usai konpresi pers di aula Nemangkawi.(*)