Satgas Namengkawi Berhasil Kuasai Ilaga Pasca Tembak Mati Satu Anggota KKB

TOTHEPOINT – Satuan Tugas Nemangkawi mengklaim telah menguasai wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua usai kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lekagak Telenggen, Jumat 21 Mei 2021.

Dalam kontak tembak itu, satu anggota Lekagak Telenggen meregang nyawa. Ia diketahui bernama Welenggen Tabuni. “Personel TNI-Polri saat ini berhasil menguasai wilayah Ilaga, Papua. Satu orang KKB meninggal dunia atas nama Welenggen Tabuni,” kata Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes M. Iqbal Al qudusy dalam keterangannya, Jumat kemarin.

Satu Anggota KKB Kabur ke Muara

Iqbal menyebut, aparat TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap satu anggota KKB yang kabur dalam kontak tembak itu. “Personel dan materiil dalam keadaan aman dan lengkap. 1 orang KKB melarikan diri ke arah Muara,” ujar Iqbal.

Adapun sejumlah barang bukti yang diamankan di lokasi kontak tembak meliputi satu jenazah KKB, satu bendera bintang kejora, empat butir amunisi kaliber 5,56 mm, satu parang, satu busur panah, satu kalung pluit, Kartu Tanda Penduduk atas nama Welengen Tabuni dan sejumlah dokumen.

Aktivitas Bandara dan Pasar Tradisional Normal

Situasi di Kabupaten Puncak, kata Iqbal, saat ini dalam kondisi aman dan kondusif. Aktivitas penerbangan di Bandara Aminggaru berjalan normal, termasuk aktivitas jual beli di Pasar Tradisional Ilaga.

“Pengamanan dalam kota atau sistem pengamanan kota senantiasa dilaksanakan oleh personel TNI dan Polri untuk tetap menjaga situasi keamanan yang kondusif di Kabupaten Puncak Papua,” kata Iqbal.(*)