RI-PNG Sepakati Buka Perbatasan untuk Perdagangan, TNI Siap Jamin Keamanan di Skouw

TOTHEPOINT – Pemerintah Indonesia dan Papua Nugini menyepakati untuk membuka kembali pintu perbatasan kedua negara pertengahan Juni mendatang dari hasil pertemuan di PLBN Skouw pada Kamis 20 Mei 2021.

Menyingkapi keputusan itu, Komandan Korem 172 Praja Wira Yakthi, Brigjen TNI Izak Pengemanan menyatakan mengantisipasi keamanan menjelang pembukaan Pintu Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw yang diperkirakan pada 21 Juni nanti.

“Jajaran siap mengamankan Perbatasan Negara RI – PNG,” kata Brigjen Izak menanggapi hasil keputusan delegasi RI dan PNG di PLBN Skouw untuk kepentingan perdagangan kedua negara.

Menurutnya, pembukaan PLBN Skouw akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat dan keamanan di Perbatasan RI – PNG.

Sebab semenjak perbatasan ditutup menyebabkan pelanggaran lintas batas melalui jalan tikus atau jalur ilegal.

“Dengan ditutupnya pintu lintas batas negara selama pandemi Covid-19 ini mengakibatkan terjadinya pelanggaran lintas batas melalui jalan tikus atau jalur ilegal. Panjangnya garis batas menyulitkan upaya untuk mencegah pelintasan batas secara ilegal oleh masyarakat,” ujar Jenderal bintang satu ini.

Ia berharap masyarakat tidak lagi melewati jalan tikus yang dapat mengakibatkan berurusan dengan aparat keamanan. “Kalau perbatasan dibuka, para pelintas batas diharapkan mematuhi protokol kesehatan,” pesannya.(*)

Sumber: Kabar Papua