Resmi Jadi Wali Kota, Anak & Mantu Jokowi, Masih dalam Pengawalan Paspamres

konfirmasitimes.com
konfirmasitimes.com

Tothepoint.id– Mayjen Agus Subiyanto selaku Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres)  mengatakan, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabumi Raka dan Wali Kota Medan Bobby Nasution akan dikawal selama bertugas oleh Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres).

Dalam hal ini Agus mengingatkan, kewajiban Paspampres berupa pengamanan fisik langsung jarak dekat kepada presiden, wakil presiden, dan keluarganya, tamu negara setingkat kepala negara, mantan presiden dan mantan wakil presiden. Oleh karena itu, Gibran dan Bobby mendapat perlindungan dari Paspampres.

“Jadi anak 2 presiden dapat pengawalan dari Paspampres bukan karena walikotanya,” kata Agus saat dikonfirmasi, Jumat (26/2/2021).

Ia juga menjelaskan, perlindungan Paspamres diberikan kepada Bobby selaku suami dari Kahiyang Ayu, anak Jokowi. dan sekaligus perlindungan kepada suami dan istri.

Sebagai catatan, pengaturan pengawalan anak presiden diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 59 tahun 2013 tentang Pengamanan Presiden Dan Wakil Presiden Mantan Presiden Dan Mantan Wakil Presiden Beserta Keluarganya Serta Tamu Negara Setingkat Kepala Negara Kepala Pemerintahan. Ketentuan perlindungan presiden dan wakil presiden dan keluarga diatur dalam pasal 3 Peraturan Pemerintah tersebut.

Dalam pasal 3 poin 3 tersebut dijelaskan bahwa “Keluarga Presiden dan Wakil Presiden meliputi istri atau suami Presiden dan Wakil Presiden, anak Presiden atau Wakil Presiden; dan menantu Presiden atau Wakil Presiden,” .

Pada Pasal ini juga dijelaskan pengamanan anak dan menantu Presiden dan Wakil Presiden meliputi pengamanan pribadi, kegiatan, dan pengawalan.

Sementara itu, pada pasal 10 menjelaskan pengamanan anak dan menantu. Pengamanan diselenggarakan Panglima TNI yang dilaksanakan oleh Paspampres dan Satuan Komando Kewilayahan dikoordinasikan dengan Polri. dan di luar negeri sebagaimana Paspampres juga, dikoordinasikan dengan Perwakilan Republik Indonesia setempat.

“Ketentuan lebih lanjut mengenai pengamanan anak dan menantu Presiden dan Wakil Presiden di dalam negeri dan luar negeri ditetapkan oleh Panglima TNI,” pada pasal 11.

Pada Jumat, 25 Februari 2021 Gibran resmi dilantik sebagai Wali Kota Surakarta oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Gibran dilantik bersama pasangannya, Teguh Prakosa, setelah mengalahkan lawannya Bagyo Wahyono dan FX Supardjo berdasarkan hasil penghitungan pada Desember 2020 lalu.

Sementara itu,sehari setelahnya; Jumat,26 Februari Bobby Nasution resmi menjadi Wali Kota Medan setelah dilantik Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama wakilnya, Aulia Rachman di Medan, Sumatera Utara, Jumat (26/2/2021).