Presiden Izinkan Gubernur Papua Berobat ke Singapura

TOTHEPOINT-Gubernur Papua Lukas Enembe diketahui sejak Minggu, 9 Mei 2021 melakukan perjalanan ke Singapura. Dia melakukan pengobatan di salah satu rumah sakit di negara tersebut.

Terkait hal tersebut, Lukas Enembe meminta dukungan moril melalui doa dari seluruh masyarakat Indonesia, khususnnya Papua untuk kesembuhanya dari sakit yang diderita.

Juru Bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus menyampaiakan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo izin untuk melakukan perjalanan tersebut.

Izin berobat diberikan melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk kepentingan kesehatan.

“Tentunya kita berharap, gubernur segera pulih dan diberikan kesehatan yang utuh agar dapat kembali ke Tanah Air. Guna memimpin pembangunan di Provinsi Papua dengan kondisi yang baik dan prima,” kata Rifai Darus, Senin, 10 Mei 2021.

Sehubungan dengan proses pengobatan yang dilakukan oleh Lukas di luar negeri, maka penyelenggaraan Pemerintah Provinsi Papua dilaksanakan oleh Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal.

Keputusan itu sesuai dengan amanat pasal 66 Ayat (1) huruf C Undang-undang nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Serta dalam penyelenggaraan pemerintah tersebut tetap melalui koordinasi bersama Gubernur Papua.

“Gubernur Papua meminta kepada semua pihak agar bersama-sama menahan diri dan tidak mudah untuk tersulut provokasi. Oleh, pemberitaan yang dapat memecah belah persatuan di antara kita,”katanya.

Ia katakan, melalui momentum yang suci Ramadhan ini, Lukas berharap agar kita semua dapat menjadi terang bagi satu sama lain untuk menyinari tanah Papua. Demi masa depan yang lebih baik dan damai.

Lukas pun mengharapkan agar seluruh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Mari kita cegah bersama dan senantiasa menjaga diri sendiri serta keluarga dari penularan COVID-19 yang masih menjadi pandemi di dunia hingga saat ini,”ujarnya.

Selanjutnya gubernur meminta kepada seluruh masyarakat dan komponen yang tergabung dalam PB PON, KONI Papua dan lainnya untuk meningkatkan fokus menjelang gelaran Pekan Olahraga Nasional XX. Gelaran itu akan berlangsung di Papua beberapa bulan lagi.

“Pastikan bahwa kita mampu menjadi tuan rumah yang siap dari segala aspek dan yakin lah bahwa torang bisa,”ucapnya.(*)