PON XX Papua Bisa Belajar dari Penyelenggaraan Olimpiade Jepang

TOTHEPOINT– Ketua Umum (Ketua) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, menyebut Olimpiade Tokyo 2020 bisa menjadi patokan penyelenggaraan PON 2020 yang akan berlangsung di Papua tahun ini. Hal ini disampaikan Marciano dalam acara kick off Sportstars.id yang berlangsung Selasa (25/5/2021).

Dalam acara tersebut, Marciano Norman juga turut hadir untuk turut menjadi pembicara dalam diskusi yang bertajuk ‘Kebangkitan Olahraga di Tengah Pandemi’. Diskusi juga diisi oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dan juga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali.

Marciano Norman pun turut menjelaskan penyelenggaraan kompetisi olahraga multievent terakbar di Indonesia, yakni Pekan Olahraga Nasional (PON). Bakal digelar di Papua pada 2-15 Oktober 2021, Marciano memastikan persiapan penyelenggaraan PON 2020 berjalan dengan baik.

Vaksinasi terhadap atlet dan masyarakat sekitar venue penyelenggaraan PON Papua 2020 pun sudah dilakukan. Hal ini tentu saja sebagai salah satu tindak pencegahan dari virus Covid-19 yang sampai saat ini masih merebak secara luas.

“Untuk masalah PON ke-20 yang digelar 2021 ini direncanakan berlangsung pada 2-15 Oktober di Papua. Memang, situasi Covid-19 ini masih naik turun, terutama setelah Lebaran, ada klaster-klaster baru, lalu ada zona merah juga,” ujar Marciano Norman, dalam acara kick off Sportstars.id, Selasa (25/5/2021).

“Tetapi, waktu kita masih ada dan saya yakin semua bisa bekerja keras untuk menurunkannya. Semua kontingen dari 34 provinsi itu sudah mempersiapkan diri dengan mulai memberi vaksinasi dengan seluruh kontingen,” lanjutnya.(*)

Sumber: Okezone