Polda Metro Jaya Absen Dua Sidang Praperadilan Rizieq Shihab, Hakim: Alasan Tidak Hadir Kenapa?

Kompas.com
Kompas.com

Tothepoint.id– Pihak Polda Metro Jaya selaku termohon kini telah menghadiri sidang gugatan praperadilan yang diajukan Rizieq Shihab, Senin, 8 Maret.

Suharno selaku Hakim tunggal menanyakan alasan terkait absennya termohon di dua sidang sebelumnya; pada 22 Februari 2021 dan 1 Maret 2021.

“Alasan tidak hadir kenapa?” tanya Suharno di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, dikutip dari Tribunnews.com. 

Pihak kepolisian menyampaikan sebab pihaknya tidak menghadiri sidang perdana dikarenakan ada kesalahan alamat.

“Yang pertama itu karena salah alamat, yang pertama itu (surat panggilan sidang) diantarkan ke Bareskrim,” ujar salah seorang perwakilan termohon.

Kemudian Hakim kembali menanyakan, perihal ketidakhadiran pihak Polda Metro Jaya di sidang kedua.

“Kami masih koordinasi dengan Bareskrim,” ujar perwakilan termohon.

Diketahui, gugatan praperadilan dengan nomor 11/Pid.Pra/2021/PN.Jkt.Sel ini diajukan terkait penangkapan dan penahanan Rizieq dalam kasus dugaan penghasutan dan kerumunan di Petamburan.

Pihak kuasa hukum menilai, penangkapan Rizieq dipaksakan oleh aparat kepolisian. Sebab, Rizieq telah mendatangi Polda Metro Jaya pada 12 Desember 2020 untuk memenuhi panggilan pemeriksaan.

Sementara itu, kuasa hukum Rizieq menilai Pasal 160 KUHP terkait penghasutan yang dijadikan dasar polisi menahan Rizieq, tidak relevan dengan kasus kerumunan yang menjerat klien mereka.

Pihak kuasa hukum juga berpandangan penangkapan dan penahanan Rizieq tidak berlandaskan KUHAP maupun Peraturan Kapolri Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penyidikan Tindak Pidana.

Adapun ini merupakan gugatan praperadilan kedua yang diajukan pihak Rizieq. Gugatan praperadilan pertama atas status tersangka Rizieq di kasus yang sama telah ditolak oleh hakim PN Jakarta Selatan.