Persipura Jayapura Pangkas Libur Lebaran Demi Persiapan Piala AFC

TOTHEPOINT- Persipura Jayapura bakal memangkas waktu libur pemain deki mempertahankan ritme latihannya di tengah mayoritas klub Liga 1 menikmati waktu libur Lebaran.

Tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut memutuskan untuk memangkas waktu libur mereka. Keputusan tersebut diambil atas pertimbangan agenda Piala AFC 2021.

Pelatih Jacksen F Tiago dan anak asuhnya sepakat untuk mengorbankan waktu libur mereka demi bisa tampil maksimal pada ajang adu gengsi tim-tim terbaik di Asia tersebut.

“Kami tidak libur Lebaran karena kami punya sasaran di AFC Cup,” ujar pelatih Jacksen F Tiago dilansir dari Kompas.

Boaz Salossa dan kawan-kawan patut mengerahkan usaha ekstra sebab mereka banyak tertinggal oleh kontestan lain.

Persipura Jayapura saat ini tergabung di Grup H bersama Kedah FA (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura), dan Sai Gon (Vietnam).

Tiga kontestan lainnya sudah aktif mengikuti kompetisi di negara mereka masing-masing yang kini sudah hampir paruh musim.

Dari segi persiapan, Persipura Jayapura jelas jauh tertinggal. Semenjak Liga 1 2020 dihentikan, Persipura Jayapura belum sekalipun melakoni pertandingan resmi.

Tim kebanggaan masyarakat Papua itu pun juga absen dalam turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Mereka juga tidak bisa berharap dengan Liga 1 2021. Sebab, kasta tertinggi sepak bola Indonesia tersebut diwacanakan digelar pada 3 Juli 2021 mendatang, sedangkan jadwal pertandingan perdana digelar pada 29 Juni dilanjutkan 2 dan 5 Juli.

Persipura Jayapura hanya bisa mengandalkan program latihan intens dan pertandingan uji coba.

“Klub lain main bulan Juli, kami bulan depan sudah bertanding,” kata pelatih asal Brasil itu.

Jika dihitung kembali, Persipura Jayapura hanya punya waktu kurang dari satu setengah bulan untuk memaksimalkan persiapan.

Kini, Jacksen F Tiago berencana memaksimalkan momen pertemuan untuk meracik skuad terbaiknya. Dalam minggu ini, fokus utamanya penguatan dasar tim.

“Untuk program satu minggu ini tetap taktik dan fisik,” katanya.(*)