Penting, Mengenal Perbedaan Jenis Kopi Antara Arabika Dan Robusta

Tothepoint.id – Kopi secara umum mungkin beberapa orang tidak mengetahui. Tapi, secara rasa semua orang hampir menggemari kopi, baik robusta dan arabika. Kopi mengandung khasiat untuk menahan kantuk.

Lalu apa yang membedakan antara robusta dan arabika? Dilansir dari berbagai sumber ada 5 perbedaan

Lokasi Tanam

Arabika tumbuh di daerah ketinggian 700 hingga 1700 MDPL. Bisa dibilang kopi yang ditanam berada di daratan tinggi dengan suhu minimal 16 derajat celcius. Kopi arabika jika tidak ditanama demikian akan mengakibatkan rentan terkena penyakit daun karat (Hamelia Vastartix).

Kopi robusta tumbu pada daratan rendah, dibawah 700 MDPL. Karena berada di daerah rendah maka sangat rentan terkena hama serangga. Tumbuhnya buah kopi robusta ini bisa dengan suhu udara (hawa) hangat sekalipun.

Bentuk Biji

Bentuk biji robusta dan arabika juga berbeda. Arabika memilki bentuk agak memanjang dan pipih sehingga berbentuk lebar. Biji kopi robusta bentuknya membulat dan lebih kecil dari arabika. Dari tekstur biji arabika lebih halus dari pada robusta ini. Karena itu cara me-roasting-nya pun jadi berbeda.

Rasa dan Aroma Kopi

Kopi robusta memilki aroma dan rasa yang kuat. Tapi, akibat pengolahan rasa dari robusta bisa diubah hingga memilki rasa yang bervariasi.

Berbeda dengan arabika. Aroma dan rasanya menjadi agak manis cenderung asam. Untuk menikmatinya orang-orang lebih suka dengan rasa orisinil ini. Rasanya kopi arabika ini akan tergantung pula dengan kebun yang dipilih sebagai tempat menanam. Contoh, jika ditanam di dekat tumbuhan rempah maka akan cenderung arabika terasa sedikit rempahnya.

Kadar Kafein

Arabika memilki kandungan kafein sekitar 0,9% sampai 1,4%. Jumlah ini membuat arabika jika diseduh akan membuat hambar rasa kafeinnya.

Kadar kafein dari robusta lebih tinggi dari arabika. Kisaran 1,8% sampai 4%. Karena tingginya kadar itu maka kopi robusta terasa pahit di lidah.

Harga

Dari harga 2 jenis kopi jauh berbeda. Robusta dihargai lebih mudah banding arabika. Alasannya robusta memilki rasa yang sama dimanapun mereka ditanam. Lain dengan arabika, memiliki karakter rasa yang variatif. Kebanyakan arabika diburu oleh pecinta kopi.

https://food.detik.com/info-kuliner/d-4229894/ini-5-perbedaan-kopi-arabika-dan-robusta-suka-yang-mana