“Pengusaha Peduli NKRI” Gelar Donor Plasma Konvalesen

TOTHEPOINT – Terjadinya peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia mendorong sejumlah perusahaan yang bernaung di bawah “Pengusaha Peduli NKRI” untuk memperkuat gerakan nasional donor plasma konvalesen.

Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin mengatakan, gerakan itu dilakukan guna mengenalkan metode donor plasma konvalesen kepada publik.

“Persaratan medis yang ketat bagi pendonor membuat partisipasi publik terbatas. Kami berupaya membuat metode ini dikenal, sehingga banyak penyitas Covid-19 yang mendonorkan plasma darah mereka,” kata Saleh saat agenda donor berlangsung di Sinar Mas Land Plaza, Thamrin, Jakarta Pusat.

Sebagai informasi, inistiatif Pengusaha Peduli NKRI tersebut berasal dari solidaritas berbagai perusahaan yang bernaung di bawah Kamar Dagang dan Industri Nasional Indonesia (Kadin). Dalam badan ini, Sinar Mas menjadi salah satu perusahaan yang ikut berkontribusi. Donasi tersebut awalnya ditujukan untuk melengkapi para tenaga medis serta petugas pelayanan publik setelah penetapan status pandemi Covid-19 tahun lalu, yakni dengan alat pelindung diri, masker, peralatan uji coba, dan ventilator.

Pada kesempatan itu, sebanyak 15 pendonor datang memberikan plasma konvalesen mereka. Tidak hanya karyawan Sinar Mas, beberapa pendonor datang dari PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, PT Djarum, dan PT Triputra Group.

Mereka dinyatakan lolos penyaringan atau penapisan yang dilakukan tim medis Yayasan Buddha Tzu Chi cabang Sinar Mas. Diketahui, sebelumnya ada 60 penyintas yang mendaftarkan diri untuk jadi pendonor. Saleh melanjutkan, melalui aksi itu, dirinya berharap sosialisasi serta edukasi donor plasma konvalesen bisa memperluas jangkauannya di masyarakat.