Pemerintah Minta Netizen Bicara Baik Selama Ramadan

Ramadan Kareem greeting photo with serene mosque background with beautiful glowing lantern.

TOTHEPOINT-ementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak warganet berbicara yang baik di dunia digital, terutama di bulan Ramadhan.

“Mari kita sampaikan hal-hal yang benar, hal-hal yang baik, dan hal-hal yang bermanfaat,” kata Sekretaris Jenderal Kominfo, Mira Tayyiba dikutip dari siaran pers.

Sejalan dengan tema acara “Mari Bicara Baik”, Mira mengajak masyarakat untuk menjaga lisan dan tulisan, apalagi tidak semua hal di dunia digital adalah hal yang baik, seperti hoaks dan perseteruan di dunia maya.

“Tema ini menjadi kontekstual karena di era digital, kita memiliki kesempatan untuk memperluas wawasan meningkatkan ilmu dan mengembangkan pengetahuan melalui internet, dunia menjadi tidak tersekat, dan informasi datang dari segala penjuru,” kata Mira.

Kementerian Kominfo secara berkesinambungan dan tidak kenal lelah berupaya untuk membersihkan ruang digital Indonesia agar menjadi lebih bersih, lebih sehat, lebih beretika sehingga dapat kita gunakan secara produktif.

“Berita bohong, ujaran kebencian, perseteruan yang tidak berujung, juga mengisi ruang digital kita,” kata Mira.

Peringatan Nuzulul Quran dihadiri oleh Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail; Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar; Ketua KPI Pusat; Agung Suprio; perwakilan dari Dewan Pers; serta seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian Kominfo yang hadir secara langsung dan virtual.

Mira memaknai peringatan Nuzulul Quran sebagai kebahagiaan, khususnya untuk pegawai di Kementerian Kominfo karena dapat berkumpul kembali, baik secara langsung maupun virtual, dalam keadaan sehat.

“Rindu untuk memperingati Nuzulul Quran karena tahun lalu tidak dapat diselenggarakan, tapi kita semua juga maklum karena kondisi saat itu memang sangat tidak memungkinkan. Alhamdulillah, pada sore ini kita dapat kembali menyelenggarakan tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Mira.(*)