Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh Bila Melalui 3 Kriteria

kabar24bisnis.com
kabar24bisnis.com

Tothepoint.id- Pasien Covid-19 semakin banyak, seiring dengan hal itu, tingkat kesembuhan juga meningkat. Berdasarkan data pemerintah Indonesia, sebanyak 85,6 persen pasien sembuh pada Minggu, 28 Februari 2021.

Menurut Jaka Pradipta Sp.P, dokter spesialis pulmonologi dan kedokteran respirasi (paru), Pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19 apabila telah memenuhi tiga kriteria.

“Semenjak WHO mengumumkan pasien Covid-19 tidak perlu swab tes ulang maka saat ini untuk menyatakan sembuh nya pasien apabila melewati tiga kriteria,” kata Jaka secara virtual.

Pertama, gejala seperti demam, pusing, dan batuk hilang tanpa mengonsumsi obat. Kedua, pasien sembuh telah menyelesaikan tahap isolasi minimal 10 hari lalu tiga hari tanpa gejala.

“Jadi, apabila di hari ke-9 atau ke-10 pasien masih memiliki gejala-gejala, maka masa isolasi ditambah kembali tiga hari,” tambah Jaka.

Selanjutya, kriteria ketiga tidak berpatokan pada hasil CT value. CT value merupakan diagnosis untuk materi genetik virus dari sampel lendir atau hasil swab pasien.

“CT value itu merupakan dapur bagi orang kedokteran. Hasil dari CT value akan selalu mendeteksi keberadaan virus paling kecil dalam tubuh. Jadi, tidak bisa dijadikan tolok ukur pasien sembuh atau tidak,” jelas Jaka.

Jika telah melewati semua kriteria tersebut, pasien bisa dinyatakan sembuh dari Covid-19 sehingga dapat beraktivitas seperti semula.