Pasca Kontak Tembak, Situasi di Kabupaten Puncak Mulai Kondusif

TOTHEPOINT – Dandim 1714/Puncak Jaya, Letkol Inf Rofi Irwansyah mengjkaim kondisi terkini di Ilaga, ibukota Kabupaten Puncak, Papua sudah berangsur kondusif.

Hal itu disampaikan pasca adanya gangguan keamanan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah perkotaan Kabupaten Puncak.
“Saat ini untuk kondisi khususnya di Ilaga, Kabupaten Puncak, sudah berangsur kondusif,” kata Letkol Inf Rofi, Sabtu (05/06/2021).

Menurut Letkol Rofi, aparat keamanan TNI-Polri kini tengah melaksanakan pengamanan terkhusus di wilayah perkotaan dan di Bandara Aminggaru yang sempat me dapat gangguan KKB.

TNI-Polri dalam melakukan pengamanan menerapkan sistem pengamanan kota yang lebih difokuskan pada wilayah seputaran kota maupun batas-batas wilayah menuju perkotaan.

“Batas kota mengantisipasi kelompok separatis teroris masuk ke wilayah perkotaan,” kata Dandim.

Saat ini Dandim mengatakan untuk aktivitas masyarakat khususnya di wilayah perkotaan terpantau berjalan secara normal. Hanya saja aktivitas penerbangan di Bandara Aminggaru sementara dihentikan sambil menunggu situasi benar-benar kondusif.

“Aktivitas bandara saat ini masih di off-kan terlebih dahulu. Rencana minggu depan. Nanti akan kita amankan. Harapan kita semua minggu depan dan mungkin hari Senin paling cepat, sudah bisa normal kembali,” katanya.

Sebelumnya, pada Kamis hingga Jumat (3-4 Mei 2021), KKB melakukan gangguan keamanan di wilayah perkotaan dengan membakar sejumlah fasilitas di Bandara Aminggaru.

Peristiwa itu terjadi setelah peristiwa penembakan terhadap seorang warga sipil di Kampung Eromaga, Distrik Omukia. Aparat yang melakukan evakuasi terhadap korban mendapat serangan dari KKB hingga kontak tembak tak dapat dihindari.(*)