Partai Politik Diminta Intens Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

TOTHEPOINT –Sudah setahun lebih pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Tidak sedikit kehidupan masyarakat menjadi semakin susah.

Sementara itu, masih banyak masyarakat yang benar-benar membutuhkan, namun belum menikmati bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah. Partai-partai politik pun perlu ikut membantu masyarakat. Sebab, setiap Pemilu, suara masyarakat lah yang diburu oleh para partai politik tersebut. Jika peran partai politik (Parpol) tersebut dirasakan oleh masyarakat saat pandemi ini, elektabilitas mereka dinilai bisa meningkat di pemilu mendatang.

“Tentu kinerja membantu masyarakat oleh Parpol akan dicatat oleh publik. Minimal akan diingat dan akan dijadikan salah satu pertimbangan Parpol yang akan dipilih dalam Pemilu,” ujar pengamat politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam kepada SINDOnews, Kamis (15/7/2021).

Menurut Arif, penanganan Pandemi Covid-19 perlu dukungan semua elemen bangsa, termasuk Parpol. “Meski harus dicatat tanggung jawab utama adalah pemerintah. Elemen masyarakat hanya membantu termasuk partai politik,” ungkapnya. Baca juga: Jokowi Tegaskan 3 Paket Obat untuk Warga Isoman Tak Boleh Diperjualbelikan

Dia melihat beberapa Parpol mulai membantu dalam penanganan Covid-19. “Misal ada yang mengadakan vaksin, dan mengerahkan relawan dalam pemakaman,” katanya.

Dalam konteks artikulasi politik, dia menilai parpol juga mulai intens menyuarakan persoalan pagebluk ini. “Saya kira yang dibutuhkan saat ini, Parpol meski meningkatkan intensitasnya agar makin massif,” pungkasnya.