‘Negara Tidak Boleh Kalah dengan KKB’

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan motivasi kepada seluruh jajarannya untuk terus bersemangat dalam bertugas mengejar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Hal tersebut disampaikan Sigit menyusul terjadinya kontak tembak di Kabupaten Puncak, Papua beberapa hari belakangan.

“Saya terus memberikan motivasi kepada seluruh anggota yang melaksanakan tugas di Papua untuk terus bersemangat,” kata Sigit, Rabu (28/4/2021).

Lanjut Sigit, dia juga meminta agar jajarannya tidak kendor dengan peristiwa yang terjadi di Papua.

Sebab, menurutnya, peristiwa tersebut tidak hanya mengakibatkan korban dari polisi, melainkan ada warga sipil yang turut menjadi korban.

“Kita semua tahu bahwa korban dari KKB tidak hanya anggota TNI-Polri, namun juga masyarakat sipil seperti guru, pendeta, tukang ojek, anak-anak sekolah,” jelasnya.

Selain itu, ia menyebut bahwa KKB juga telah melakukan pengrusakan terhadap asrama sekolah, dan sejumlah rumah milik masyarakat.

Oleh karena itu, Sigit memerintahkan kepada seluruh anggota Satgas Polri yang bertugas untuk tetap berjuang.

“Lakukan terus pengejaran terhadap KKB yang ada di Papua. Terus berjuang. Negara tidak boleh kalah!,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, terjadi kontak senjata antara KKB dan anggota Brimob di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Selasa (27/4/2021).

Kejadian itu menyebabkan seorang anggota Brimob Bharada Komang gugur dan dua rekannya mengami luka tembak.

“Iya, ada kontak tembak tadi pagi di Ilaga. Tiga orang korban, satu meninggal Bharada Komang. Semua korban sudah dievakuasi ke Timika,” ujar Mathius, Selasa.(*)