Nadiem Dapat Pelajaran Berharga Saat Lebaran di Rumah

TOTHEPOINT-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim belajar banyak kebersamaan dengan merayakan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri di rumah.

“Kami belajar banyak dengan merayakan Lebaran di rumah untuk kedua kalinya, khususnya mengenai kebersamaan,” tulis Nadiem dalam akun Instagram resminya @nadiemmakarim yang dikutip, Rabu.

Nadiem mengajak Lebaran pada tahun ini yang dirayakan masih dengan suasana pandemi COVID-19, sebagai pengingat akan kepedulian terhadap sesama dan pentingnya semangat gotong royong untuk mewujudkan pulihnya Indonesia.

“Selamat hari raya Idul Fitri. Minal ‘Aidin wal-Faizin. Mohon maaf lahir dan batin,” tulis Nadiem lagi.

Satgas Penanganan COVID-19 meminta masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H di rumah saja. Masyarakat diminta untuk tidak mudik ke kampung halaman.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta para gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh Indonesia agar mengambil langkah-langkah untuk melakukan pembatasan buka puasa bersama dan pelarangan open house pada saat maupun setelah Lebaran.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 800/2794/SJ tentang Pembatasan Kegiatan Buka Puasa Bersama pada Bulan Ramadhan dan Pelarangan Open House/Halalbihalal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021, yang ditandatangani Mendagri pada Selasa (4/5).

SE itu dikeluarkan setelah mencermati terjadinya peningkatan kasus penularan COVID-19 khususnya pada perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu serta pasca libur Natal dan Tahun Baru 2021.(*)