Mulai Hari Ini, Wisatawan Dilarang Masuk Kawasan Baduy

Tothepoint.id- Bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang ingin mengahabiskan waktu liburan ke kawasan Baduy Dalam sepertinya harus menahan diri.

Pasalnya, masyarakat Baduy yang berada di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mulai akhir pekan ini atau Sabtu, 13 Februari 2021, melarang kedatangan wisatawan.

Pelarangan memasuki kawasan Baduy Dalam dilakukan lantaran masyarakat Baduy akan melaksanakan ritual Kawalu sehingga tertutup bagi masyarakat yang berasal dari luar.

“Kami meminta wisatawan menghormati dan menghargai keputusan adat itu,” kata Kepala Desa (Kades) Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak yang juga tetua adat Baduy Jaro Saija di Lebak, Kamis, 11 Februari 2021, dikutip dari Antara.

Pelarangan kawasan Baduy Dalam dikunjungi wisatawan juga termuat pada keputusan adat Nomor 141.01/13-Ds.Kan-200I/2021, tertanggal 13 Februari 2021 yang ditandatangani Kepala Desa Kanekes.

Pelarangan itu karena memasuki bulan Kawalu atau bulan larangan selama 3 bulan masyarakat Baduy Dalam tersebar di Cibeo, Cikawartana, dan juga Cikeusik tengah melakukan ritual.

Dalam ritual tersebut, masyarakat Baduy Dalam akan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa meminta keselamatan bangsa dan negara yang aman, damai, dan sejahtera serta dijauhkan dari bencana.

Selain itu juga, masyarakat Baduy ikut mendoakan agar Indonesia terbebas dari penyebaran pandemi Covid-19.

Masyarakat Baduy Dalam melaksanakan ritual Kawalu tersebut akan dimulai 13 Februari sampai 14 Mei 2021 atau sekira 3 bulan.

“Selama Kawalu, kondisi kampung Baduy Dalam sepi dan warganya memilih tinggal di rumah-rumah,” kata Kades Kanekes itu menandaskan.