Mulai 6 Mei Larangan Mudik diberlakukan, Polda Metro:Kenapa Orang Sudah Ribut Sekarang

Tothepoint.id-Pemerintah melarang mudik lebaran bagi masyarakat mulai 6 hingga 17 Mei 2021. Namun masyarakat sudah ramai dengan aturan tersebut.
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengaku tidak habis pikir dengan hal itu.
“Saya juga heran, ini masih 6 Mei, masih sebulan lagi. Bulan Mei juga belum, puasa juga baru mulai,” kata Sambodo kepada wartawan, Selasa 13 April.
Saat ini kepolisian baru punya gambaran umum terkait penyekatan yang akan diberlakukan pada waktu larangan mudik itu. Peninjauan masih dilakukan hingga mendekati hari H agar penegakan aturan bisa maksimal.
“Ini kan masih tanggal 6 Mei, masih sebulan lagi, kenapa orang ribut dari sekarang,” kata Sambodo.
Sejauh ini, sudah ada 8 titik yang disiapkan kepolisian untuk dilakukan penyekatan di wilayah Polda Metro Jaya. Titik itu berada di jalan arteri, jalan tol, dan terminal.
Selain itu ada sekitar 16 titik jalur tikus yang mungkin akan dijaga petugas selama larangan mudik tersebut. Jumlah tersebut bisa saja bertambah tergantung hasil survei nanti.
Ditlantas Polda Metro Jaya juga masih melakukan sosialisasi larangan mudik lewat Operasi Keselamatan Jaya yang dimulai pada 12 April kemarin. Diharapkan dengan sosialisasi itu masyarakat teredukasi untuk tidak mudik demi mencegah penularan corona.
Meski begitu jika ingin ke luar kota sebelum tanggal larangan mudik, kepolisian tidak akan memberikan sanksi. Namun, tetap harus mematuhi persyaratan perjalanan keluar kota seperti melakukan tes corona.