Miriam Siliar, WN Inggris yang Diduga Terafiliasi Jamaah Islmiyah Tengah Diperiksa BNPT

Ilutrasi: WN Inggris, Miriam Siliar tengan diselidiki pihak kepolisian dan BNPT/tothepoint.id

Tothepoint.di, Jakarta- Warga Negara Inggris, Tanzen Miriam Siliar, saat ini tengah diperiksa pihak kepolisian dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Pemeriksaan tersebut dilakukan karena Miriam diduga memiliki jaringan dengan kelompok terorisme, Jamaah Islamiyah (JI).

Perempuan asal Inggris itu kini tengah berada di Rumah Ditensi Imigrasi, karena tuduhan pelanggaran imigrasi dalam jaringan terorisme di Indonesia.

Temuan polisi menyebutkan, Tazneen selama tinggal di Indonesia telah menikah dengan anggota jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI), Abu Ahmad alias Acep Ahmad Setiawan, yang tewas dalam pertempuran di Suriah pada 2014.

Dilaporkan Tazneen dan almarhum suaminya “masuk dalam daftar kepolisian orang-orang yang diduga sebagai ekstremis”.

Akan tetapi, hal itu dibantah Miriam melalelui pengacaranya, Achmad Michdan. Michdan mengklaim bahwa Miriam tidak terkait terorisme karena belum pernah ada proses hukum.

“Saat ini masih pendalaman (apakah terlibat dalam kasus terorisme di Indonesia) dari penyidik Densus 88. Perannya apa?” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Humas Polri Kombes (Pol) Ahmad Ramadhan, kepada wartawan BBC News Indonesia, Renne Kawilarang.

Dikatakan Ramadhan, hingga saat ini pihaknya belum menemukan adanya transaksi dalam rekening Miriam yang mengarah kepada Front Pembela Islam (FPI), sebagaimana dilaporkan oleh sejumlah media.

“Dari rekening yang ditelusuri oleh PPATK belum ditemukan (kaitan dengan FPI),” ujarnya. Kemungkinan pihaknya akan terus menelusurinya. (PND)