Mesir Bakal Jembatani Gencatan Senjata Abadi Israel-Palestina

TOTHEPOINT- Pejabat tinggi Israel dan Mesir telah terlibat dalam perundingan saat eskalasi yang timbul merujuk pada gencatan senjata antara Negara Yahudi itu dengan faksi Palestina, yang berkuasa di Gaza, Hamas.

Seperti dilansir AFP Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah bertemu dengan kepala intelijen Mesir, Abbas Kamel di Yerusalem untuk mendiskusikan penguatan kerja sama antara kerja sama dan Palestina.

Kamel juga telah bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah, Tepi Barat, pada Minggu (30/5) ini. Dalam pertemuan tersebut, Kamel menyampaikan pesan dari Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi kepada Palestina.

Pada hari yang sama, Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi pun menandai kunjungan kerja resmi pejabat tinggi negara itu ke Mesir dalam 13 tahun terakhir. Di sana dia berbincang dengan kolegaanya yakni Menlu Sameh Shoukry.

Diduga pula pemimpin Hamas yakni Ismaeil Haniyeh diduga berada di Kairo untuk perundingan. Namun, sejauh ini belum ada detail yang bisa diberitakan.

“Kebutuhan untuk membicarakan hal yang spesial sensitif terkait dengan Yerusalem Timur, Masjid Al Aqsa, dan semua tempat suci Islam sera Nasrani,” ujar Shoukry mengonfirmasi pertemuan tersebut seperti dilansir dari Reuters.(*)