Menhub Buka Program S2 Terapan di STIP Jakarta, Ini Harapannya

TOTHEPOINT – Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) resmi membuka program magister terapan atau S2. Hadir secara virtual dalam kesempatan tersebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Budi berharap lewat pendidikan ini akan lahir Sumber Daya Manusia (SDM) tangguh di bidang kemaritiman. Hal itu itu juga dinilai sejalan dengan langkah untuk mewujudkan visi Presiden Jokowi menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia sehingga membutuhkan SDM yang berkompeten, inovatif, kreatif, dan berdaya saing secara internasional.

Menhub mengatakan bahwa perguruan tinggi maritim seperti STIP Jakarta memiliki peran penting dalam menciptakan SDM yang dapat diandalkan untuk mewujudkan konektivitas dan keselamatan pelayaran.

“STIP Jakarta telah menghasilkan lulusan terbaik di bidang transportasi laut di seluruh Indonesia. Saya selaku pribadi berharap STIP dapat jadi pelopor peningkatan kompetensi SDM maritim Indonesia, saya juga minta STIP Jakarta terus meningkatkan kualitas,” kata Budi dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa 22 Juni 2021.

Ia juga menambahkan, untuk memfasilitasi peningkatan jenjang kompetensi SDM maritim, STIP telah memiliki program Magister Terapan dengan dua Program Studi. Yang pertama Prodi Pemasaran, Inovasi dan Teknologi dan yang kedua adalah Prodi Teknik Keselamatan dan Resiko.

Seperti diketahui, program Magister Terapan ini merupakan program pertama di Indonesia, dan STIP Jakarta sebagai lembaga Pendidikan tinggi pertama yang mendapatkan kesempatan dalam penyelenggaraan program Magister Terapan.