Mengenang Tsunami Aceh 16 Tahun Silam

16 tahun yang lalu pada hari ini, 26 Desember. Kejadian yang tidak akan dilupakan di tanah air ini. Tsunami yang melanda Aceh serta gempa bumi berkekuatan 9,3 SR. Kenangan pahit itu masih menjadi duka terdalam bagi Indonesia, khususnya Aceh.

Peristiwa Aceh adalah gempa terbesar ke 5 dalam sejarah. Jumlah korban mencapai 170 ribu jiwa meninggal, 6 ribu orang dinyatakan hilang, dan ribuan lainnya mengalami luka-luka.

Tsunami terjadi pada Minggu, 26 Desember 2004, sekitar jam 08.42 pagi. Pemicunya adalah gempa yang berpusat di Samudera Hindia. Dikarenakan bertemunya 2 lempeng Indonesia-Australia dan Erurasia. Wilayah itu berjarak 149 KM sebelah barat Meulaboh, Aceh.

Peristiwa pilu ini sonta menjadi perhatian dunia. PBB menyatakan tsunami Aceh merupakan bencana kemanusiaan terbesar dalam sejarah.

Selain dari daerah, berbagi bantuan datang dari luar negeri. Seperti Jerman dan Amerika Serikat yang membawa pesawat militer dan kapal induk. Tidak hanya aceh yang terdampak dari bencana alam kali ini. negara-negara sekitar aceh pun juga. Seperti Kepulauan Andaman, Thailand, India, Sri Lanka dan sebagian Afrika.

Sampai saat ini pun, hari ini bagi masyarakat Aceh masih menjadi kenangan pahit untuk diingat kembali. Untuk mengenang sejarah dan para korban, saat ini pemerintah daerah setempat juga telah membangun ‘Museum Tsunami’ di Jalan Iskandar Muda, Kota Banda Aceh.

https://akurat.co/news/id-1253213-read-mengenang-peristiwa-tsunami-aceh-16-tahun-silam-yang-kini-jadi-sejarah#:~:text=AKURAT.CO%2C%20Hari%20ini%2C,gelombang%20tsunami%20menyapu%20wilayah%20Aceh.&text=Adapun%20jumlah%20korban%20dalam%20tsunami,ribuan%20lainnya%20mengalami%20luka-luka