Mengenal Nora Lelyana, Komandan TNI Wanita Pertama di Indonesia

Tothepoint.id- Berprofesi sebagai personel militer tentu tidak mudah untuk diraih. Butuh kerja keras, usaha serta perjuangan agar bisa menjadi anggota TNI. Terlebih bagi para wanita yang harus berjuang lebih gigih. Akan tetapi, Laksamana Pertama Nora Lelyana mampu membuktikan itu semua.

Kerja kerasnya itu lantas membawanya menuju gerbang kesuksesan. Dia kemudian menjadi komandan wanita pangkalan TNI AL pertama di Indonesia saat berpangkat Kolonel. Bahkan, pangkalan yang dipimpinnya berada di area berisiko tinggi. Penasaran dengan sosok Nora Lelyana, komadan wanita pangkalan TNI.

Komandan Wanita Pangkalan TNI AL Pertama
Sejak kecil, Nora bercita-cita ingin menjadi seorang profesor. Dia kemudian memilih untuk mengambil jurusan dokter gigi. Namun siapa sangka, pada akhirnya Nora menjadi seorang prajurit militer profesional.

Prestasi membanggakan yang diterima oleh Nora adalah saat dirinya ditunjuk menjadi Komandan Pangkalan Angkatan Laut di Dumai, Riau. Penugasan itu diberikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Bernard Kent Sondakh pada tahun 2003.

Ini merupakan peristiwa pertama seorang perwira Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) memimpin pangkalan. Nora yang saat itu sudah berpangkat Kolonel menjadi komandan wanita pangkalan TNI AL pertama di Indonesia.

Menjadi komandan wanita pangkalan pertama, Nora sudah ditempatkan di wilayah rawan kasus. Tidak tanggung-tanggung, kasus yang kerap terjadi di Dumai dinilai cukup serius. Mulai dari penyelundupan kayu ilegal dan perdagangan manusia.

Kendati begitu, Nora tetap melaksanakan tugasnya sebaik mungkin. Nora pun kemudian dinilai sukses mengemban tugas menjadi seorang Komandan Pangkalan Angkatan Laut di daerah rawan kasus. Kesuksesannya inilah yang menjadi titik awal perwira wanita Angkatan Laut mampu memimpin pangkalan di era selanjutnya./pnd