Memperingati Hari Raya Nyepi, ATM di Bali Dinonaktifkan

Tothepoint.id– Dalam Menyambut Hari Raya Nyepi, fasilitas penarikan tunai dan kegiatan transaksi yang menggunakan mesin ATM di Provinsi Bali secara bertahap akan dinonaktifkan dan tidak bisa digunakan untuk sementara waktu. Bermula pada pukul 12.00 WITA, 13 Maret hingga 15 Maret.

“Untuk memperingati kesucian Hari Nyepi Tahun Baru Caka 1943 yang jatuh pada 14 Maret mendatang, di antaranya layanan mesin ATM di Bali memang akan dinonaktifkan,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Trisno Nugroho di Denpasar pada Kamis, 11 Maret.

Trisno Nugroho menambahkan layanan mesin ATM akan kembali beroperasional seperti semula pada 15 Maret pada pukul 07.00 WITA.

Sementara itu, layanan perbankan yang berbasis elektronik atau digital seperti mobile banking tetap beroperasi. Dengan bergantung pada sarana jaringan komunikasi atau internet yang mendukung.

“Sehubungan dengan hal tersebut, untuk pemenuhan kebutuhan uang tunai di masyarakat, kami mengimbau agar dapat dilakukan sebelum jadwal penonaktifan mesin ATM oleh perbankan,” ujar Trisno.

Selain itu untuk penyelesaian transaksi lainnya dapat dilakukan secara nontunai melalui internet banking/mobile banking.

Demikian juga terkait dengan perayaan Hari Raya Nyepi ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali pun tidak melakukan kegiatan operasional pada Senin. Dan kembali membuka layanan seperti biasanya pada 16 Maret 2021 mendatang setelah Hari Raya Nyepi.

“Dengan demikian, kegiatan layanan penarikan dan penyetoran kas perbankan, serta kegiatan pertukaran warkat debet (cek/bilyet giro) ditiadakan,” ujar Trisno.