Meksiko Sahkan RUU Legalisasi Ganja

Tothepoint.id- Majelis rendah Kongres Meksiko mengesahkan rancangan undang-undang untuk melegalkan penggunaan ganja sebagai rekreasi, medis, dan penelitian. RUU tersebut akan menjadikan Meksiko sebagai salah satu pasar industri ganja legal terbesar, beriringan dengan Kanada dan Uruguay.

RUU itu ini disetujui oleh Presiden Andres Manuel Lopez Obrador beserta 316 suara lainnya. Dan terdapat 129 suara menentang legalisasi ganja tersebut.

“Hari ini kami membuat sejarah,” kata Simey Olvera, deputi yang memilih RUU itu, dikutip dari Reuters, Kamis, 11 Maret 2021.

RUU itu memungkinkan lima jenis izin untuk budidaya; transformasi, penjualan, penelitian dan ekspor atau impor ganja. Hanya orang berusia 18 tahun ke atas, dan dengan izin, yang dapat menanam, membawa, atau mengonsumsi mariyuana dan turunannya.

“Dengan ini, keyakinan yang salah bahwa ganja merupakan bagian dari masalah kesehatan serius Meksiko ditinggalkan,” ucap Olvera.

RUU tersebut harus melewati sidang majelis tinggi Kongres Meksiko, Senat. RUU legalisasi ganja tersebut sebelumnya sudah disahkan oleh Senat pada November, namun harus dilakukan pemilihan setelah ada perubahan yang dilakukan di majelis rendah.

RUU ini ditentang oleh Anggota Partai Revolusioner Institusional sayap kanan (PRI) dan Partai Aksi Nasional (PAN) yang konservatif . Namun, pengesahan RUU ini akan  tetap berlangsung, karena parlemen dikuasai oleh Partai Morena, partai asal Presiden Manuel Lopez Obrador, yang mendukung aturan ini.