Mekanisme Pembayaran Klaim untuk Faskes Harus Mudah dan Cepat

TOTHEPOINT –Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena menegaskan bahwa regulasi dan mekanisme pembayaran klaim kepada fasilitas kesehatan (faskes) harus dibuat mudah, sederhana, dan cepat dengan tetap menjalankan asas akuntabilitas dalam semua prosesnya.

Melki juga mendesak agar proses pelaporan administrasi pelayanan kesehatan pasien Covid-19 oleh fasilitas kesehatan kepada Kementerian Kesehatan (Kemkes) yang diverifikasi oleh BPJS Kesehatan perlu dibuat sederhana ringkas dan akuntabel.

“Semua laporan yang sudah diselesaikan sesuai aturan oleh Kemkes dan dicek kembali oleh BPKP harus segera dibayar oleh Kementerian Keuangan sehingga pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan untuk pasien Covid-19 dan non-Covid-19 bisa berjalan secara optimal,” tuturnya.

Melki juga meminta khusus bagi fasilitas kesehatan non-pemerintah misalnya RS swasta yang membantu pelayanan kesehatan bagi pasien Covid-19 dan non-Covid-19 harus mendapat perhatian serius pemerintah. Menurutnya, klaim RS yg sudah memenuhi ketentuan dan terverifikasi perlu segera dibayar untuk memastikan pelayanan kesehatan tetap berjalan dengan baik.

“Pembayaran klaim RS atau klinik harus dilakukan secara periodik dalam waktu tertentu untuk memberikan jaminan kepastian bagi manajemen faskes,” katanya lagi.

“Dana KPCPEN sektor kesehatan khususnya pembayaran klaim RS harus diutamakan dan menjadi prioritas utama sehingga tidak mengganggu pelayanan kesehatan bagi pasien Covid-19 dan non-Covid-19. RS swasta perlu mendapat atensi khusus terkait klaim ini selain RS pemerintah karena keterbatasan cash flow dapat mengganggu kerja RS,” papar politisi dari Partai Golkar ini.