Masalah Keluarga, Anggota Brimob Nekat Kabur dari Papua Tinggalkan Tugas

TOTHEPOINT – Motif anggota Brimob Polda Sumatera Barat (Sumbar), Brigadir Adri Yusman, kabur saat bertugas di areal PT Freeport Papua mulai terungkap. Oknum tersebut diduga sedang ada masalah keluarga.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu mengatakan, anggota brimob polda ini nekat pulang ke kampung halamannya secara diam-diam.

“Dari laporan yang kami terima, yang bersangkutan ingin pulang ke Sumbar karena ada masalah keluarga,” kata Kombes Pol Stefanus, Sabtu (5/6/2021).

Oknum yang bertugas untuk BKO Satgas Amole di areal PT Freeport ini dilaporkan hilang di Kamp Mile 39 pada Selasa (2/6/2021). Namun dia diamankan anggota Polsek Bandara Mimika pada Jumat (4/6/2021).

Brigadir Adri Yusman kedapatan sedang check in tiket pesawat dengan maskapai Sriwijaya Air tujuan Jakarta transit Makassar di Bandara Mozes Kilangin Mimika.

Menurut dia, seorang anggota Polri semestinya siap secara fisik dan mental saat ditugaskan, termasuk di luar wilayah domisilinya.

“Anggota Polri harus dengan sungguh-sungguh bekerja saat ditugaskan,” ujarnya.

Kalaupun ingin meninggalkan tugas, anggota tersebut harus lebih dulu izin kepada komandannya. Bukannya malah nekat kabur begitu saja dan mimilih pulang.(*)